Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Begini Nih Cara Lulus Kuliah Tepat Waktu

Kamis, 20 Maret 2014 | 09:15:28 WIB

JAKARTA - Menurut standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), presentase kelulusan mahasiswa tepat waktu untuk jenjang Sarjana minimal 50 persen. Namun, di beberapa program studi (prodi) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu baru berkisar 37 persen.

Untuk itu, Unpad akan membuat pemodelan tentang masa studi terjadwal atau tepat waktu bagi seluruh prodi. Demikian disampaikan Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unpad Reiza D Dienaputra dalam Workshop "Pemodelan Masa Studi Terjadwal."

"Dari hasil pemetaan LP3M Unpad, profil masa studi tepat waktu di setiap prodi ternyata sangat bervariasi sekali. Dalam tiga tahun terakhir ditemukan hanya tiga prodi di Unpad yang memiliki presentase masa studi tepat waktu di atas 50 persen, yaitu Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi," ujar Reiza, seperti disitat dari situs Unpad, Kamis (20/3/2014).

Sementara dalam kurun waktu satu tahun terakhir, kata Reiza, jumlah prodi yang mencapai angka 50 persen bertambah menjadi 11. Walaupun dalam hasil pemetaan tersebut juga ditemukan prodi yang tidak pernah menghasilkan kelulusan tepat waktu selama tiga tahun terakhir.

Oleh karena itu di dalam workshop yang digelar oleh LP3M Unpad ini, setiap prodi yang "sukses" mencapai presentase 50 persen melakukan sharing tentang upaya mereka lakukan agar dapat mencapai angka tersebut. Nantinya, hasil sharing dalam workshop tersebut adalah menghasilkan pemodelan mengenai masa studi terjadwal.

"Dari sharing ini kita bisa lihat apa yang menjadi faktor keberhasilan dan apa pula yang menjadi faktor penghambatnya. Sehingga model yang dihasilkan adalah alur penyelesaian tugas akhir untuk semua prodi, baik yang sudah menerapkan KBK maupun yang belum KBK,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I Unpad Engkus Kuswarno menginginkan agar semua prodi di Unpad dapat mencapai angka presentase masa studi terjadwal 50 persen. Namun, ada standar baku yang menjadi panduang setiap prodi.

"Dengan dihasilkannya model regulasi masa studi terjadwal dalam workshop ini, diharapkan setiap prodi komitmen terhadap regulasi tersebut. Sehingga angka masa studi terjadwalnya pun akan sama karena telah memiliki standar yang baku," tutur Engkus.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom