Pencarian Kampus

Inilah 7 Tips Hidup Irit Saat Kamu Kuliah

Sabtu, 27 Februari 2016 | 00:21:22 WIB

Jika kamu berpikir bahwa menjadi mahasiswa itu berarti hidup susah, coba kamu pikirkan kembali. Dengan sedikit melakukan perencanaan dan memperketat pengeluaran, kamu bisa belajar membuat rencana anggaran dan tidak terjepit kebutuhan hidup sehari-hari. Yuk kita simak cara irit saat kuliah ini, agar kebutuhan sehari-hari kalian bisa diatur dengan lebih baik.

 

1.    Buat Anggaran

Cobalah membuat anggaran dengan menuliskan daftar pengeluaranmu. Ini bisa membantu memperkirakan pengeluaran mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan (misalnya uang kos, uang bensin, uang jajan) dari jauh-jauh hari. 

Dengan demikian, kamu bisa mengatur keuangan agar tidak tekor setiap bulan. Sisihkan juga uang untuk keperluan mendadak, seperti tagihan telepon yang tinggi atau bila ada kegiatan tambahan. 

 

2. Pangkas yang Tidak Perlu

Sambil menyiapkan anggaran, kamu juga bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Bedakan pengeluaran yang wajib, seperti biaya kos, makan, atau pembelian buku, dengan pengeluaran tambahan seperti jalan-jalan saat akhir pekan atau belanja baju yang tidak wajib. 

Selain itu, mencuci baju sendiri akan menghemat biaya laundry serta hitung-hitung kamu berolahraga gratis. Jadi, kenapa tidak?

 

3. Bawa Bekal dari Rumah

Bila memungkinkan, usahakan membawa bekal makan siang dari rumah, jadi kamu tidak perlu jajan di kampus. Jika dihitung dalam seminggu, ternyata perbedaannya cukup terasa bila kamu jajan di luar dibandingkan bila membawa bekal dari rumah. Di tempat kos, usahakan juga untuk memasak nasi sendiri atau memiliki persediaan mi instan sekardus.

Jadi, semua itu bisa diperhitungkan sebagai salah satu cara irit saat kuliah, untuk dapat menghemat pengeluaranmu setiap bulan. Namun, bila kamu memang harus jajan di luar, carilah kantin mahasiswa yang murah meriah tapi rasanya enak.Ccukup banyak, kan? 

 

4. Belanja Cerdas

Cobalah untuk berbelanja dengan cerdas. Maksudnya, carilah supermarket yang murah untuk belanja sehari-hari, dan toko baju yang harganya lebih ramah di kantong atau sering memberi diskon. Dengan demikian, sesekali kamu masih bisa berbelanja dengan harga yang tidak menguras kantong. Lumayan kan, bisa menghemat pengeluaran uang bulananmu.

 

5. Usahakan Membeli Barang Bekas

Kamu tidak perlu merasa malu atau gengsi bila membeli barang bekas. Selama kuliah, selain barang-barangmu tidak perlu mahal, kamu juga tak memerlukan barang yang baru. Ini berlaku untuk pembelian semua barang dari furnitur hingga buku teks dan elektronik. 

Dengan cara ini, kamu pasti akan terkejut, bila di akhir bulan kamu bisa menghemat pengeluaran cukup banyak. Sebagai contoh, apabila kamu membeli buku teks bekas yang tebal, harganya pasti jauh lebih murah dibandingkan yang baru. (Terlebih bila buku itu sama sekali tidak kamu sentuh hingga saat ujian tiba).

 

6. Bekerja Paruh Waktu atau Berwirausaha
    
Bila kamu masih memiliki waktu luang setelah kuliah, cobalah untuk berselancar di internet, mencari lowongan kerja paruh waktu, baik secara online maupun offline.

Banyak jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu dapatkan, seperti jasa pengetikan, pembuatan website, SEO, penulisan artikel, hingga berjualan secara online. Kesempatan untuk itu sudah terbuka lebar di era internet ini, bukan? Tinggal kamu sesuaikan pekerjaannya dengan potensi, minat, dan waktu luangmu.

 

7. Mencari Beasiswa

Bagi kamu yang berprestasi, cobalah untuk mencari beasiswa untuk mengurangi beban biaya kuliah, baik itu uang kuliah atau keperluan lain seperti akomodasi, buku-buku, dan komputer. Beasiswa ini bisa didapat baik dari pemerintah, institusi pendidikan, maupun perusahaan swasta. Beasiswa semacam ini biasanya ditujukan untuk mahasiswa berprestasi ataupun yang kurang mampu.

Nah, bila kamu sudah bisa menerapkan cara irit saat kuliah ini, mulailah berusaha untuk menyisihkan sisa uang setiap bulannya. Menabung sedikit demi sedikit, supaya lama-lama bisa menjadi bukit, bukan? Selamat mencoba!

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom