Pencarian Kampus

2 Prodi ITB Setara Massachusetts Institute of Technology

Selasa, 17 Juni 2014 | 20:41:01 WIB

AyoKuliah.com, BANDUNG - Dua program studi (prodi) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih akreditasi dari badan akreditasi internasional, Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

Dekan FTI ITB Hermawan Kresno Dipojono berkata, dua prodi tersebut adalah Program S-1 Teknik Kimia dan Teknik Fisika. Akreditasi diraih pada pertengahan Agustus 2012. Hermawan mengimbuh, dengan diraihnya akreditasi oleh dua prodi tersebut, maka saat ini ada empat prodi di ITB yang terakreditasi ABET. Pada 2011, Teknik Elektro dan Teknik kelautan juga terakreditasi ABET. Keempat prodi itu, imbuhnya, sekaligus prodi-prodi pertama  di Indonesia yang memperoleh akreditasi ABET.

"Dengan pencapaian ini menyejajarkan ITB dengan universitas ternama yang meraih ABET, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat," kata Hermawan, dalam jumpa pers ABET di Rektorat ITB, Bandung, Jumat (7/9/2012).

Sekretaris Satuan Penjamin Mutu ITB Pepen Arifin menambahkan, akreditasi itu membuat kualitas prodi ITB sejajar dengan prodi internasional. Akreditasi juga membuat lulusan prodi tersebut diperhitungkan oleh industri atau dunia kerja. Nantinya, kata Pepen, dalam transkrip nilai terakhir mahasiswa ITB akan dibubuhi tanda akreditasi ABET.

Menurut Pepen, proses untuk meraih akreditasi ABET tidaklah mudah. Teknik Kimia perlu persiapan selama 12 tahun. Sebelum mengajukan akreditasi ABET, ITB harus mempersiapkan diri secara internal, yakni meraih akreditasi secara nasional yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

"Untuk akreditasi internasional seperti ABET, internalnya harus diperbaiki dulu, proses inilah yang lama dan memakan waktu," kata Pepen.

Tahun lalu, Pepen mengimbuh, Teknik Elektro dan Teknik Kelautan juga memerlukan waktu yang panjang untuk bisa dapat ABET. Hal-hal yang harus dibenahi misalnya kurikulum dan sarana prasarana, sehingga sesuai dengan kriteria ABET.  Teknik Kimia mengalami banyak pembenahan, mulai dari perbaikan manajemen keselamatan kerja di labolatorium penelitian, modernitas pelayanan praktikum, sistem assesment perkuliahan mahasiswa, hingga dukungan institusi kampus. Perbaikan dilakukan dari November 2011 hingga Juni 2012.

ABET merupakan lembaga akreditasi independen internasional berbasis di Amerika Serikat. Penilaian Akreditasi yang dilakukan ABET meliputi beberapa kriteria seperti mahasiswa, tujuan kependidikan, target kompetensi, perbaikan sistem secara berkesinambungan, fasilitas belajar, dukungan kelembagaan, staf pengajar, mutu kurikulum, prasarana dan mekanisme perbaikan secara berkesinambungan.

"Jadi pembenahan untuk sampai kriteria yang ada di ABET itu tidak mudah, tidak tiba-tiba. Perlu biaya dan proses yang panjang," kata Pepen.

Disinggung apakah akreditasi tersebut akan membuat biaya kuliah di ITB semakin mahal, pimpinan dan staf Sekolah Farmasi ITB Asep Gana Suganda menyatakan, hal itu relatif.  "Soal mahal, sih, relatif, ya. Itu kan ada program beasiswa, misalnya Bidik Misi yang tahun ini kami terima 800 mahasiswa," kata Asep, yang menjadi moderator dalam jumpa pers tersebut.

Selain itu, ITB juga memakai sistem subsidi silang. "Enggak adil kalau orang kaya membayar sama dengan yang tidak mampu. Jadi harus ada subsidi silang," tambahnya.

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2012/09/07/373/686567/2-prodi-itb-setara-massachusetts-institute-of-technology

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom