Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Akhirnya, UGM Ubah Syarat Fisik dalam SNMPTN 2014

Rabu, 19 Maret 2014 | 09:32:09 WIB

JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuktikkan diri jika mereka peduli terhadap kaum difabel. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kaum difabel untuk menjadi mahasiswa UGM.

Dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD), Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwi Prahasto menyatakan, UGM telah mereview kembali syarat fisik yang ditetapkan dalam pendaftaran SNMPTN. Menurut Iwan hasil revisi telah dikirimkan kepada Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 17 Maret 2014.

Dari 23 program studi (prodi) IPS di UGM, hanya lima prodi yang menetapkan syarat fisik. Sebanyak 18 prodi lainnya dapat sepenuhnya menerima difabel.

"Sedangkan di prodi IPA, dari 44 prodi, lima prodi dari Fakultas MIPA tidak menetapkan syarat fisik pendaftar. Semua prodi di Fisipol, Filsafat, dan Psikologi tidak ada syarat fisik. Di FIB hanya Arkeologi saja yang punya syarat fisik," ujar Iwan, seperti disitat dari situs UGM, Rabu (19/3/2014).

Menurut Iwan, prodi lain yang masih memberlakukan syarat fisik karena mempertimbangkan kebutuhan kondisi fisik tertentu dalam mengikuti praktikum dan kerja lapangan.

"Penjelasan detil mengapa suatu prodi mensyaratkan kebutuhan fisik tertentu akan disampaikan di laman pendaftaran UGM http://um.ugm.ac.id. Penjelasan ini diharapkan dapat membantu difabel untuk menentukan prodi yang sesuai," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Difabel UGM Mukhanif Yasin Yusuf mengatakan, pada prinsipnya, yang sangat diperlukan oleh difabel adalah dukungan non-fisik seperti kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Walaupun tidak dimungkiri fasilitas fisik seperti akses gedung bagi difabel juga merupakan hal yang penting.

Namun kebutuhan ini dapat disiasati jika dukungan non-fisik tadi telah terpenuhi. "Selama ini mahasiswa difabel di UGM tetap dapat mengikuti perkuliahan dengan baik karena adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari dosen, karyawan, dan terutama rekan-rekan kuliah," papar Yasin.

Kepedulian UGM terhadap difabel memang tidak akan berhenti di sini. Melalui UKM Peduli Difabel, UGM secara rutin akan menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi masyarakat untuk peduli difabel. Dengan program ini diharapkan kepedulian pemerintah dan masyarakat terhadap difabel semakin tinggi, sehingga hak-hak difabel di berbagai bidang kehidupan dapat terpenuhi.

sumber:okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom