Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Pramuka Masih Ngetren, Lho!

Jumat, 14 Maret 2014 | 09:46:39 WIB

JAKARTA - Ketika masih menjadi murid sekolah dasar, kita memakai seragam praja muda karana (Pramuka) pada akhir pekan. Bahkan, beberapa sekolah tidak hanya mengharuskan siswanya mengenakan kemeja dan rok/celana coklat, mereka juga diajak aktif berlatih pengetahuan dasar ke-Pramuka-an.

Siswa yang serius menjalani kegiatan Pramuka, meneruskan aktivitasnya hingga dewasa. Tidak jarang juga, lho, kampus yang menghidupkan kegiatan Pramuka.

Salah satunya Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Belum lama ini kesatuan Pramuka Unsoed menggelar Gladi teknik Ke-Pramuka-an (Glatek). Kegiatan ini merupakan bagian Racana Soedirman, sebuah pelatihan pelatihan wajib untuk anggota baru yang akan melatih di pangkalan binaan Racana Soedirman.

Kesembilan anggota putra dan tujuh anggota putri ini serius berlatih dalam kegiatan yang mengusung tema "Disiplin, Terampil dan Berkarakter" ini. Tidak hanya pemberian teori taktis di dalam ruang, 16 peserta Glatek juga berlatih di luar ruangan untuk melatih teknik ke-Pramuka-an mereka.

Ketua Sangga Kerja Kuat Priyanto menjelaskan, seperti layaknya Pramuka, mereka belajar membaca dan menulis sandi, pionering, peraturan baris berbaris (PBB), pemetaan, menaksir, hingga Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Nah, untuk pelatihan di luar ruang, peserta berlatih sambil bermain. Biar makin seru, pada malam harinya peserta ngumpul bareng di depan api unggun dan menyaksikan pentas seni.

"Kegiatan ini dikemas secara in door dan out door untuk menghindari kebosanan peserta pelatihan, sehingga mereka dapat lebih maksimal dalam menerima materi yang diberikan dan harapanya kegiatan ini dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan peserta pelatihan tentang ke-Pramuka-an," tutur Kuat, seperti disitat dari laman Unsoed, Jumat (14/3/2014).

Asyiknya lagi, ada pemberian predikat peserta pelatihan terbaik untuk mendorong peserta  lebih kreatif dan lebih aktif dalam kegiatan. Peraih predikat ini adalah Nanang Eko Setiawan dan Anggun Khumaeroh.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom