Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Pemerintah Inggris Ingin Pelajar RI Banyak di Negeri Ratu Elizabeth

Selasa, 4 Maret 2014 | 09:36:25 WIB

JAKARTA - Menteri Sains dan Universitas Inggris David Willets menyambangi Indonesia untuk memperluas kerja sama bidang pendidikan dan riset. Tidak sendiri, dia juga didampingi delegasi yang mencakup perwakilan tujuh universitas di Inggris, Asosiasi Perguruan Tinggi, dan Badan Jaminan Kualitas.

Willets mengatakan, pendidikan merupakan sektor kedua terbesar bagi perekonomian Inggris pada 2011. Untuk itu, pihaknya ingin memperluas kerja sama pendidikan dengan berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Saya ingin melihat pelajar Indonesia lebih banyak di Inggris. Saya ingin Inggris menjadi rekan pilihan utama Indonesia dalam bidang pendidikan, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan pesat negara ini," ujar Willets, di Hotel Intercontinental, Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (3/3/2014).

Selain pendidikan, Pemerintah Inggris juga menganggarkan 10 juta poundsterling untuk kolaborasi riset dengan Indonesia. Riset tersebut, lanjutnya, berfokus pada tiga area, yakni agrikultur, energi, dan kesehatan.

"Pemerintah Inggris memberikan dana sebesar 10 juta poundsterling untuk kolaborasi riset dengan indonesia sehingga penelitian tersebut bisa dilakukan ke arah yang lebih luas. Untuk prioritas riset akan didiskusikan lebih lanjut. Namun yang pasti mengenai isu terkait bagi kedua negara," tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Dikti Djoko Santoso menyampaikan, kerja sama pendidikan maupun riset dengan pemerintah Inggris bukanlah hal baru bagi Indonesia. Saat ini, lanjutnya, tinggal memantapkan hubungan kerja sama yang telah terjalin.

"Kerja sama kita dengan Inggris, sudah panjang. Sudah sejak dulu. Sekarang tinggal merestrukturisasi yang sudah dijalankan agar lebih fokus," kata Djoko.

Dalam pertemuan Indonesia-UK Joint Working Group (JWG) itu, kedua negara membahas tiga tema besar, yaitu pendidikan tinggi dan riset, pendidikan teknik dan vokasi, serta pelatihan guru. Selain itu, sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan universitas asal UK.

Mulai dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bekerjasama dengan Warwick University dalam bidang sains dan riset. Kemudian antara Universitas Indonesia (UI) dengan Southampton University dalam bidang akademis.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom