Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Nuh: Kasus JIS Lebih Berat Dibandingkan Keterlambatan UN 2013

Senin, 28 April 2014 | 09:22:35 WIB

JAKARTA - Pelecehan seksual yang dialami murid TK Jakarta International School (JIS) merupakan tamparan hebat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku, peristiwa tersebut bahkan lebih berat dibandingkan perkara keterlambatan soal Ujian Nasional (UN) tahun lalu.

Oleh karena itu, M Nuh berjanji akan mengusut kasus tersebut hingga tuntas. Sebab, lanjutnya, kejadian tersebut bukan sekadar urusan administratif dari segi perizinan tapi menyangkut nilai-nilai kemanusiaan.

"Ini harus dituntaskan betul karena persoalan JIS jauh lebih berat secara substansi dibandingkan naskah UN yang terlambat tahun lalu. UN itu urusan teknik dan manajemen. Kalau JIS menyangkut nilai-nilai kemanusiaan yang sangat fatal," ujar M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (25/4/2014).

Dari situ, Kemendikbud bertekad bekerja sama dengan lembaga yang lain, yakni kepolisian terkait pemberian sanksi dari segi hukum. M Nuh menilai, aksi para pelaku pelecehan seksual tersebut sangat keji dan tidak bisa dimaafkan.

"Bahkan dalam dunia perdosaan, ini ibarat membunuh orang yang tidak bersalah. Ini membunuh masa depan si anak. Saya tidak setuju menggunakan kata pelecehan seksual karena itu konteksnya jika terjadi sesama orang dewasa. Tapi korban masih anak-anak sehingga lebih tepat jika dikatakan pelecehan kemanusiaan," paparnya.

Salah satu langkah yang telah ditempuh oleh M Nuh terkait persoalan tersebut ialah menutup TK JIS karena dinilai tidak memiliki izin. Meski demikian, dia masih memberikan tenggang waktu bagi pihak sekolah untuk merampungkan segala urusan administratif hingga akhir tahun ajaran 2013/2014.

"Meskipun sudah ditutup, kami berikan kesempatan sampai akhir tahun ajaran untuk menyelesaikan persoalan-persoalan. Oleh karena itu, pastikan sembari menuntaskan ini itu, anak-anak peserta didik, guru, dan karyawan harus dilindungi," tutur M Nuh.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom