Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Apa pun Pekerjaannya, yang Penting Ber-mindset Wirausaha

Selasa, 8 April 2014 | 10:12:26 WIB

JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi tidak boleh hanya berorientasi mencari pekerjaan. Mereka hendaknya berpikir untuk mandiri dan menghadirkan kesempatan kerja bagi orang lain.

Membangun mindset tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Himasiskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun menggelar Seminar Technopreneur, akhir pekan lalu. Dosen Jurusan D-3 Teknik Kimia ITS yang juga seorang entepreneur, yakni Ahmad Ferdiansyah pun didapuk sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Ferdi -begitu panggilan akrabnya- menyatakan, setiap orang harus memiliki jiwa enterpreneur. Dia menyebut, kewirausahaan bukanlah sebuah pekerjaan tapi merupakan sifat yang harus dikembangkan.

"Jiwa enterpreneurship bisa berupa rasa tanggung jawab, ramah, sopan, dan berani menanggung risiko. Apapun pekerjaan kita, kita pasti membutuhkan sifat enterpreneurship," ungkap Ferdi, seperti dinukil dari ITS Online, Selasa (8/4/2014).

Ferdi berpendapat, sifat kewirausahaan telah menjadi salah satu faktor penting jika seseorang ingin meraih kesuksesan. "Sifat enterpreneur sudah ada pada diri kita, tinggal bagaimana kita melatihnya," paparnya.

Satu-satunya cara untuk mengasah jiwa tersebut, kata Ferdi, adalah dengan berjual atau berdagang. Hal itu akan memaksa seseorang untuk berkomunikasi dan bernegoisasi. Dengan demikian, jiwa enterpreneur akan terlatih dengan baik.

"Dalam berbisnis, seseorang harus menampilkan sesuatu hal yang beda dengan yang lain. Jadilah yang pertama, terbaik dan berbeda. Jadilah yang spesial di lingkungan Anda sehingga akan mudah diingat oleh orang lain," imbuh Ferdi.

Jika kita cenderung menghindari kesulitan, Ferdi justru menganjurkan agar para mahasiswa untuk selalu membuat diri dalam kondisi tertekan. Menurut Ferdi, kondisi tersebut akan memacu pebisnis untuk semakin kreatif.

"Semakin tertekan, maka kita akan semakin sukses. Karena kita akan berusaha semaksimal mungkin," ujar alumni Jurusan teknik kimia ITS itu.

Tak hanya itu, Ferdi menyatakan, pebisnis juga harus bisa melakukan pemasaran dan melayani pelanggan dengan baik. Dan yang paling penting, seorang pebisnis juga harus mau bekerja keras untuk mencapai kesuksesannya. "Tak ada orang yang langsung sukses dalam bisnis, karenanya dibutuhkan kerja keras," tutup Ferdi.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom