Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Temukan Arah Kiblat dengan Aplikasi dari UNY

Selasa, 1 April 2014 | 09:29:38 WIB

JAKARTA - Arah kiblat merupakan hal penting bagi umat Islam karena menjadi acuan untuk melaksanakan ibadah salat. Namun sering kali ketika melakukan perjalanan atau berada di lokasi baru, orang tidak dapat mengetahui arah kiblat yang tepat.

Untuk itu, hadir penemuan baru dari empat mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berupa aplikasi penunjuk arah kiblat yang diberi nama AR-Qiblat. Tim Read Basmallah itu terdiri atas Hardika Dwi Hermawan, Miftah Rizqi Hanafi, Sidik Nurcahyo, dan Azis Amirulbahar.

“Kebingungan dalam menentukan mana arah kiblat dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi yang sudah berkembang saat ini dan dapat menentukan arah kiblat dengan tepat. Dengan menentukan koordinat Kabah di Mekkah dalam aplikasi, arah kiblat yang ditunjukkan akan sesuai dengan arah kiblat yang sebenarnya,” ungkap tim Read Basmallah, seperti disitat dari situs UNY, Sabtu (28/3/2014).

Aplikasi Ar-Qiblat dibangun menggunakan platform Windows Phone dan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Pengguna tinggal menyorotkan kamera ke arah yang dicari dan pemberitahuan kiblat akan muncul ketika ada di arah yang tepat. Selain fitur pencarian arah kiblat, terdapat fitur pencarian masjid terdekat serta info-info Islami.

“Teknologi AR atau Augmented Reality yang digunakan dalam aplikasi ini akan menjadikan aplikasi ini lebih inovatif dan menarik digunakan karena user langsung terlibat dalam penentuan arah lokasi," jelas mereka.

Aplikasi Ar-Qiblat ini banyak mendapat apresiasi positif dan pernah menjadi finalis sepuluh besar di lomba U-champ Lomba Aplikasi Bernilaikan Islami di Universitas Indonesia (UI). Saat ini, aplikasi tersebut sudah bisa diunduh secara gratis pada http://www.windowsphone.com/id-id/store/app/ar-qiblat/1fb4e465-a7b4-43f1-8e78-2ce280805fce.

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom