Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Magang di AS Bisa Nyimpen Rp10-11 Juta

Jumat, 28 Maret 2014 | 09:44:41 WIB

JAKARTA - Magang terbukti memberikan manfaat kepada mahasiswa sebelum menjejakkan kaki secara nyata di dunia kerja. Apalagi ketika kita bisa mendapatkan kesempatan magang di luar negeri sekelas Amerika Serikat (AS).

Lewat program kerja sama Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan Ohio State University, kesempatan magang selama satu tahun di California pun dirasakan oleh Sukma Dewi Mutiasari. Mahasiswa yang meraih gelar sarjana dari Fakultas Pertanian UB pada 2012 itu pun berbagi cerita tentang pengalamannya menjadi karyawan magang di Negeri Paman Sam itu.

"Program ini memang ditujukan bagi mereka yang memiliki minat mengembangkan diri di bidang pertanian. Kesempatan tersebut berupa praktik kerja, dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Pesertanya adalah mereka yang masih belajar ataupun alumni tidak lebih dari satu tahun. Mahasiswa selain pertanian pun dapat mengikuti program tersebut," papar Sukma, seperti dinukil dari situs resmi UB, Prasetya Online, Jumat (28/3/2014).

Dia menjelaskan, program magang tersebut terdiri atas tiga tipe. Pertama, Practical Training selama 6-9 bulan yang diselesaikan dengan Academic Training di dalam kelas. Tipe kedua adalah Practical Training penuh selama 12 bulan.

"Yang ketiga adalah untuk mereka yang tertarik mengoperasikan alat-alat berat. Penempatan di berbagai penjuru tempat sesuai dengan bidang minat seperti greenhouse dengan konsentrasi tanaman buah sayur, botanical garden, coffee plantation, seed, dan pestiside company," jelasnya.

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, karyawan magang di Amerika juga mendapat gaji. Besaran gaji, kata Sukma, sesuai dengan standar di masing-masing negara bagian. 2014, UMR di California ialah USD9 per jam dengan durasi kerja selama delapan jam.

"Jadi total bisa mendapatkan USD72 per hari. Untuk per bulan kita bisa menyimpan sebanyak USD900-1.000 atau senilai Rp10-11 juta (Rp11.426 per USD) setelah dipotong biaya tempat tinggal dan juga pajak," ungkap mahasiswa angkatan 2007 itu.

Sebelum berangkat, lanjutnya, mahasiswa Indonesia diwajibkan mengikuti pre-internship selama tiga bulan di PT. Mandiri Jayapura yang bergerak di tanaman hias. Pre-internship yang berlokasi di Bogor itu bertujuan untuk melatih dan menempa secara fisik dan juga mental sebagai bekal sebelum berangkat ke Amerika.

"Setelah melakukan pre-intership akan dilakukan assesment serta pendaftaran lebih lanjut. Dalam tahap itu, Ohio State University akan menyebarkan profil peserta kepada beragam perusahaan yang diteruskan dengan interview," tutur Sukma.

sumber:okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom