Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Sudah Yakin Mau Kerja di Luar Negeri?

Rabu, 5 Maret 2014 | 09:39:18 WIB

JAKARTA - Jika kalian baru lulus kuliah dan ingin bekerja di luar negeri, bisa saja. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tantangan tersendiri buat kamu.

Memilih kerja ribuan kilometer (km) jauhnya ke luar negeri memang bukan keputusan yang ringan. Harus dipikirkan masak-masak serta penelitian yang luas untuk memastikan bahwa itu adalah pilihan yang tepat untuk kalian.

Tetapi, ketika kalian memutuskan untuk "mengeruk" pundi-pundi di negeri orang, apakah memang hal ini sudah tepat untuk kamu? Daripada bingung, simak panduan singkat yang bisa membantu kalian yang ingin bekerja di luar negeri. Berikut tips-tipsnya seperti dilansir dari laman Careerealism, Rabu (5/3/2014).

Kepribadian

Jika kalian belum memiliki pengalaman bekerja, baik nasional apalagi internasional, jangan takut. Mempunyai kepribadian atau berkarakter menjadi kunci bagaimana kalian bisa sukses sebagai karyawan.

Membuat daftar pertanyaan

Cari tahu sejak awal, hal penting yang akan ditanyakan sebelum proses wawancara dimulai. Mulai dari agama, makanan, biaya relokasi, dan transportasi. Bahkan sesuatu yang mendasar seperti jam kerja di perusahaan tersebut, karena setiap negara mempunyai jam kerja yang berbeda.

Buatlah daftar pertanyaan. Saat kalian berdiskusi dengan orang lain, pastikan bahwa orang-orang di sekitar kalian tahu bahwa kamu sedang mempertimbangkan bekerja di luar negeri. Bukan enggak mungkin jika mereka merekomendasikan kalian ke dalam jaringannya.

Bergantung pada insting

Jika memungkinkan, kunjungi terlebih dulu lokasi yang kalian pertimbangkan untuk pindah, sebelum membuat keputusan untuk pindah. Kalian mungkin juga bertanggungjawab secara finansial untuk merelokasi kembali tempat tinggal itu. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian agar tidak tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu.

Pertimbangkan keluarga

Pertimbangan tersebut harus selalu menjadi faktor utama dalam keputusan ini. Siapa yang akan kalian bawa ketika memutuskan bekerja di luar negeri. Hal ini menunjukkan jika kalian mendapat dukungan dari keluarga.

Menyesuaikan diri

Perlu diketahui, bagaimana rasanya selama beberapa minggu pertama di negeri orang. Pelajari budaya mereka karena kalian akan menetap lama dan masuk ke kehidupan sehari-hari mereka. Awalnya mungkin akan terkejut dengan budayanya, namun kalian harus bisa menyesuaikan diri di lingkungan itu.

Pergaulan

Apa alasan sebenarnya kalian tertarik bekerja di luar negeri? Kalian mungkin saja dapat memperburuk suasana ketika di negara asing, yakni bergaul dengan lingkungan sekitar. Jadi, pastikan kalian mempunyai alasan positif, serta tidak mencoba melarikan diri dari satu hal yang negatif.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom