Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Duh, Siswa dari 140 Sekolah Terancam Tak Bisa Ikut SNMPTN

Jumat, 13 Desember 2013 | 09:44:00 WIB

BANDUNG - Para siswa dari 140 sekolah di Indonesia terancam tidak bisa mengikuti SNMPTN 2014. Itu lantaran pada pelaksanaan SNMPTN 2013 siswa atau sekolah terindikasi melakukan kecurangan dan masuk black list.

Akhmaloka, panitia SNMPTN 2014, mengatakan pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap sekolah yang dilaporkan terindikasi melakukan kecurangan pada SNMPTN 2013.

"Verifikasinya belum selesai. Yang terindikasi (melakukan kecurangan pada SNMPTN 2013) sudah kita surati untuk diverifikasi. Universitas melaporkan adanya kecurangan itu sekira 140 (sekolah)," ujar Akhmaloka, di Hotel Grand Royal Preanger, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2013) malam.

Tapi jumlah sekolah yang siswanya dilarang mengikuti SNMPTN 2014 bisa saja berkurang. Hal itu akan disesuaikan dengan hasil verifikasi. Sekolah yang siswanya dilarang mengikuti  SNMPTN dipastikan terbukti melakukan kecurangan pada SNMPTN 2013. Sedangkan yang bisa mengikuti, berarti siswa atau sekolahnya tidak terbukti melakukan kecurangan.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, sekolah yang siswa atau sekolahnya terindikasi melakukan kecurangan saat SNMPTN jumlahnya berkurang. Tahun lalu, ada sekira 100 sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan.

"Tapi setelah diverifikasi, itu tinggal 20-an sekolah yang terbukti melakukan kecurangan. Yang (20-an sekolah) itu pada SNMPTN 2013 tidak diikutsertakan, aksesnya ditutup," tegasnya.

Salah satu syarat agar siswanya bisa ikut dalam SNMPTN adalah kepala sekolah yang bersangkutan harus dimutasi. "Dari 20-an itu ada tujuh sekolah yang (hukumannya) dilepas karena kepala sekolahnya diberhentikan," jelas Akhmaloka.

Hal serupa juga akan diberlakukan untuk peserta SNMPTN 2014. Tapi berapa sekolah yang dipastikan siswanya tidak bisa mengikuti SNMPTN harus menunggu hasil verifikasi lebih dulu. "Finalnya (yang dilarang mengikuti SNMPTN) belum selesai. Mestinya dalam minggu-minggu ini akan keluar hasil verifikasinya," tandas Akhmaloka.

sumber: okezone.com

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom