Pencarian Kampus
Pencarian Terakhir

Tak Capai Target, Peserta SNMPTN Tembus 777.357 Pendaftar

Rabu, 2 April 2014 | 10:42:44 WIB

JAKARTA - Tahun ini, 777.357 ribu siswa SMA/sederajat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan peserta SNMPTN tahun lalu, yakni 770 ribu peserta.

Meski lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, total peserta SNMPTN 2014 ini tidak mencapai target peserta. Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia menyatakan, pihaknya menentukan target untuk pendaftar SNMPTN sebanyak 1,4 juta siswa. Namun, sampai hari terakhir pendaftaran, jumlah peserta hanya mencapai 777.357 siswa.

"Jumlah calon mahasiswa baru (maba) yang mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan pada SNMPTN 2014 meningkat dibanding dengan pendaftar pada tahun lalu," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (1/4/2014).

Tahun ini, dari 777.357 siswa peserta SNMPTN 2014 tersebut akan bersaing meraih satu dari sekira 360 ribu kursi di 62 PTN Indonesia. Mereka akan diseleksi melalui nilai rapor, serta mempertimbangkan hasil ujian nasional (UN) dan berbagai prestasi akademis maupun non-akademis.

Saat dikonfirmasi mengenai berapa persen peminat jurusan atau program studi (prodi) maupun fakultas terbanyak, Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu belum memberikan secara detail karena masih dalam proses.

"Hari ini kita baru mulai menganalisa datanya. Karena setiap prodi berbeda-beda peminatnya antar universitas," ucapnya.

Dia menambahkan, penutupan pendaftaran SNMPTN 2014 yang sebelumnya ditutup pukul 18.00 WIB diundur menjadi pukul 00.00 WIB. Panitia SNMPTN 2014 akan menyeleksi data pendaftar pada 1 April hingga 26 Mei 2014. Hasil seleksi kemudian akan diumumkan pada 27 Mei 2014. Mereka yang lulus seleksi dapat mendaftar ulang bagi di PTN masing-masing pada 17 Juni 2014.

 
 
 
Artikel Terkait Lainnya
SNMPTN & SBMPTN
Info Beasiswa
 
Tentang PilihJurusan.com

PilihJurusan.com bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan jurusan atau program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi / universitas yang ada di Indoenesia.

Dengan informasi terkait jurusan yang lebih baik, kami yakin dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat lebih baik lagi dalam menjalani dunia perkuliahan serta berkarya dengan baik sesuai minat dan bakat setelah lulus.

Like halaman Facebook PilihJurusan.com kami untuk informasi langsung di halaman facebook mu.

Like Untuk Info Terbaru
Hubungi PilihJurusan.com

Jalan Burung Gereja No. 12 Kota Bandung

Email. info@pilihjurusan.com

http://facebook.com/pilihjurusancom